Search
  • admin344867

Jenis-Jenis Solar Panel dan Cara Kerjanya

Penggunaan tenaga surya atap memang belum terlalu masif pada rumah-rumah yang ada di Indonesia. Bahkan di Indonesia sekalipun, penggunaan energi surya hanya 0,05% dari potensi. Padahal sinar matahari yang ada di Indonesia sangat melimpah karena letaknya yang ada di garis khatulistiwa. Matahari bersinar sepanjang tahun sehingga sangat optimal jika masyarakat Indonesia menggunakan tenaga surya untuk kebutuhan listrik.

Tingkat penggunaan tenaga surya yang rendah terjadi karena informasi yang terbatas. Masih banyak orang yang belum mengetahui tentang pengertian, manfaat, cara kerja hingga jenis-jenis solar panel. Tenaga surya memberikan lebih banyak manfaat bagi alam maupun penggunanya. Anda pun bisa memilih mana jenis solar panel terbaik untuk anda.


Pengertian Solar Panel


Solar panel atau panel surya adalah komponen yang bisa digunakan mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik menggunakan prinsip yang disebut dengan efek photovoltaic. Energi listrik yang dihasilkan biasanya digunakan untuk kebutuhan listrik. Ada energi yang disimpan dalam baterai. Sistem panel tenaga surya ini tetap bisa berjalan meskipun pada sore atapun malam hari bahkan ketika sedang hujan karena menggunakan bantuan baterai.

Pemakaian solar panel Bali dianggap sangat praktis, efektif dan tidak menimbulkan kerusakan lingkungan. Ini karena panel surya tidak perlu menggunakan jaringan listrik konvensional. Pemasangannya pun bisa dilakukan di setiap lokasi pembangunan dengan konstruksi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Posisi yang paling tepat untuk pemasangan panel surya yaitu berhadapan secara langsung dengan arah kedatangan cahaya matahari.


Jenis-Jenis Panel Surya

  • Panel Surya Monocrystalline

Ini adalah jenis panel surya yang dibuat dengan menggunakan crystall silicon murni yang telah melalui proses Czochralski dan menghasilkan ingot. Kemudian, ingot diiris tipis. Irisan ingot inilah yang menyebabkan jenis solar cell monocrystalline yang berbentuk bulat/lingkaran. Bentuk tersebut adalah hasil dari proses Czochralski. Kemudian, ada juga yang dipotong pada bagian tepinya sehingga membentuk segi delapan atau lebih tepatnya segi empat dengan irisan pada keempat sudutnya.

Ciri-ciri fisik jenis panel solar yang satu ini bisa dibedakan dengan mudah dari jenis yang lainnya. Selain berbentuk segi delapan, warna panel surya monocrystalline juga cenderung lebih gelap. Pembuatan solar panel monocrystalline silicon termasuk rumit dan membutuhkan biaya produksi yang sangat mahal sehingga harga panel surya ini juga lebih tinggi. Meskipun demikian, monocrystalline silicone memiliki kelebihan dibandingkan dengan jenis solar panel yang lainnya.

  • Panel Surya Polycristalline

Panel surya yang satu ini juga dikenal dengan nama polysilicon (p-Si) dan multi-kristal silikon (mc-Si) dan diperkenalkan ke pasar tahun 1981. Berbeda dengan panel surya berbasis monocrystalline, panel surya polycrystalline tidak membutuhkan proses Czochralski. Jenis panel surya yang satu ini dihasilkan dari proses metalurgi grade silicon dengan pemurnian kimia. Silicon baku dicairkan kemudian dituangkan ke dalam cetakan persegi yang didinginkan kemudian dipotong berbentuk persegi sempurna.

Proses produksi polycrystalline silicon jauh lebih murah dibandingkan dengan proses produksi monocrystalline silicone. Inilah yang membuat proses harga jual solar panel jenis ini menjadi jauh lebih murah. Panel surya polycrystalline memiliki warna yang mencolok yaitu kebiruan sedangkan bentuknya bisa kotak atau persegi dengan pola-pola guratan yang kebiruan. Jika disusun pada solar panel maka akan tampak lebih rapat.


Jenis-Jenis Solar Panel, Kelebihan dan Kekurangan

  • Panel Surya Film Tipis

Berbeda dengan panel surya monokristalin dan polikristalin, panel film tipis dibuat dengan berbagai bahan. Jenis panel surya film tipis biasanya dibuat dari cadmium telluride (CdTe). Pabrikan biasanya menempatkan lapisan CdTe di antara lapisan konduktor transparan yang bisa memerangkap cahaya matahari untuk menghasilkan panel surya jenis ini. Jenis teknologi film tipis ini juga memiliki lapisan kaca pada bagian atasnya sebagai perlindungan.

Panel surya film tipis juga bisa terbuat dari silikon amorf (a-Si) dimana bahan ini mirip dengan komposisi panel monokristalin dan polikristalin. Sekalipun panel film tipis ini juga terbuat dari silikon namun panel ini tidak terbuat dari wafer silikon padat. Sebaliknya, panel surya film tipis ini terdiri dari silikon non-kristal yang ditempatkan di atas kaca, logam atau plastik.

Jenis teknologi film tipis lainnya adalah panel Copper iIndium Gallium Selenide (CIGS). Panel CIGS memiliki keempat elemen yang ditempatkan di antara dua lapisan yang konduktif yaitu plastik, aluminium, baja atau kaca. Elektroda ditempatkan pada bagian depan atau belakan material untuk menangkap arus listrik.


Cara Kerja Panel Surya

Ketika sel surya menyerap cahaya matahari maka ada pergerakan antara elektron pada sisi positif dan negatif. Pergerakan inilah yang menciptakan arus listrik sehingga bisa digunakan sebagai energi alat-alat elektronik. Yang lebih detail lagi yaitu energi matahari membawa foton yang bisa dipecah menjadi ion positif dan ion negatif.

Ion negatif akan bergerak menuju ke lapisan negatif yang ada di sel surya. Demikian juga, dengan ion positif. Ion negatif akan bergerak menuju ke ion positif dengan melewati berbagai lapisan. Pergerakan ini yang bisa menciptakan arus listrik.

Semakin banyak sel surya yang terpasang maka semakin besar pula voltase atau arus listrik yang dihasilkan. Oleh karena itulah, pemasangan panel surya juga disusun dengan beradasarkan pada kebutuhan listrik khususnya rumah tangga.


Nusa Solar Sediakan Harga Atap Tenaga Surya Terbaik

Nusa Solar merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi tenaga surya. Kami ingin membantu lebih banyak orang untuk beralih pada energi matahari. Ini karena matahari menyediakan energi yang tak terbatas dan bisa digunakan untuk kebutuhan listrik. Kami berpengalaman dalam bidang bisnis engineering dan konstruksi. Nusa Solar berbasis di Jakarta dan Bali serta memiliki tim insinyur yang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun mengembangkan proyek solar.


FAQ

Bagaimana solar panel bekerja pada malam hari?

-Solar panel mengisi baterai dengan energi dari matahari. Jadi anda memilkiki cadangan listrik untuk penggunaan masa depan. Dengan cadangan energi ini, baterai anda memberikan power selama malam hari.

Apa keuntungan solar panel?

-Lebih hemat tagihan listrik, maintenance mudah dan lebih ramah lingkungan.